Pages

Tuesday, September 25, 2012

Missed the money train

Samuel : GGRM

Kami memulai coverage untuk Gudang Garam Tbk (GGRM) dengan rekomendasi HOLD dan target harga Rp48,500, mentranslasikan PE’12-13F 21.1x-15.6x. Meski mendominasi segmen sigaret kretek mesin full flavor (SKM FF), namun kami melihat perseroan telah terlambat untuk berinovasi dan melakukan penetrasi ke segmen sigaret kretek mesin  low  tar low  nicotine (SKM LTLN) yang justru dalam 5 tahun terakhir menjadi pendorong pertumbuhan industri rokok di Indonesia. Pertumbuhan perseroan dalam 5 tahun terakhir juga lebih disebabkan oleh kenaikan harga jual serta peningkatan porsi penjualan dari segmen sigaret kretek tangan (SKT) yang secara industri hanya tumbuh 1% CAGR. Dengan kondisi ini, kami melihat pertumbuhan volume penjualan GGRM di masa depan akan relatif melambat dan lebih kecil dibandingkan industri. Initate with HOLD.

Neglecting the market trend.  Gudang Garam (GGRM) dikenal dengan dominasinya di segmen SKM FF dengan  market share mencapai 63% melalui  brand-nya Gudang Garam Surya. Namun demikian dalam 5 tahun terakhir, pertumbuhan industri rokok di Indonesia yang mencapai 5% CAGR lebih didorong oleh segmen SKM LTLN yang tumbuh 20% CAGR, dimana  market share GGRM di segmen ini sangatlah kecil hanya sekitar 2.7%. Ke depan, kami melihat pertumbuhan industri rokok domestik masih akan tetap didorong oleh segmen SKM LTLN ini seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan rendahnya diferensiasi harga antar segmen.

Flat margin and slow growth projection. Selama 2007-2011, gross margin perseroan meningkat dari 15.8% menjadi 24.2%. Namun, kenaikan ini lebih didorong oleh kenaikan harga jual serta porsi penjualan SKT dimana SKT memberikan margin lebih tinggi dibandingkan SKM. Kedepannya, dengan pertumbuhan rokok industri  yang  kami perkirakan didominasi oleh SKM LTLN, kami memperkirakan volume penjualan GGRM akan flat dan porsi SKT tidak akan mengalami kenaikan. Seiring dengan ini, margin tidak akan lagi mengalami kenaikan dan selanjutnya pertumbuhan laba akan melambat.

Initiate with HOLD, TP Rp48,500/share. Kami memulai initiate untuk GGRM dengan rekomendasi HOLD dan target harga Rp48,500, yang mentranslasikan PE’12-13E 21.1x- 15.6x. Key risks dalam valuasi kami adalah 1) perubahan peraturan pemerintah yang menyulitkan industri rokok dan  2) keterbatasan pasokan tembakau. INITIATE WITH HOLD

No comments:

Post a Comment